January 4, 2011

Jatuh Cinta (kembali)

 
Musikal Laskar Pelangi: prestasi yang impresif. Musik, penataan panggung, para aktor anak dan dewasa: puncak seni pertunjukan di Indonesia
 Goenawan Muhammad
Saya setuju. Laskar Pelangi besutan Mira Lesmana dan Riri Riza ini merupakan sebuah Maha karya. Sebenarnya saya tidak terlalu menyukai teater atau pun drama musikal. Hanya saja begitu saya melihat drama musikal ini saya seperti dibuat jatuh cinta (kembali) oleh panggungnya.
Ya, saya jatuh cinta dengan penataan panggung Jay Subiyakto. Mata saya berbinar-binar selama pertunjukkan. Tata panggung yang benar-benar indah. Katanya GM, panggung Laskar Pelangi merupakan perpaduan realisme dan fantasi. Setuju lagi. Saya belum pernah ke Belitong, tapi ketika menonton Laskar Pelangi, rasanya saya diterbang kesana.
image
Berikut ini adalah cuplikan beberapa tata panggung karya Jay Subiyakto pada Drama Musikal Laskar Pelangi,
yang berhasil saya abadikan hanya dengan kamera HP (karena tidak boleh membawa kamera ke dalam gedung pertunukkan)
image
Para Kuli-kuli Pabrik Timah Belitong, mereka paling keren.
“Hoi hoi hoi kami orang asli bangka Belitong! Kata orang pulau kami kaya banyak timah dimana-mana, ah ah.Tapi siapa yang punya? Sekarang kami yang punya. Kami bukan sekedar kuli biasa. Hoi, hoi,hoi kami kuli-kuli bisa bermimpi”

image
Sekolah Muhammadiyah yang semakin miring
image
Sekolah PN Timah sedang diangkat untuk pergantian latar
image
Para Laskar Pelangi
image
Kuis Cerdas Cermat yang dimenangkan oleh SD Muhammadiyah
image
Bebatuan di pinggiran pantai Belitong, mirip seperti aslinya!
image
Hujan di atas panggung

1 comment:

  1. wah keren banget, beruntung lo bisa nonton syif.

    btw parah juga lu ya sempet2nya foto di dalem, kalau ketauan diamuk satpam lo! :D

    ReplyDelete